Jumat, 11 November 2011

Buat yang Lagi Belajar Masak

Memasak! Satu kata yang pernah menghantui saya. Bagaimana tidak, jika dulu saat saya masih menjadi seorang gadis remaja, saya sama sekali belum familiar dengan dapur seisinya dan lebih lugasnya disebut belum bisa memasak. Hingga saat berumah tangga, naluri keibuan itupun muncul dengan sendirinya, saya bersedia untuk belajar memasak sedikit demi sedikit Dari belajar menanak nasi, membuatkan lauk untuk makan malam berdua dengan suami, memasak sarapan nasi goreng spesial kesukaan suami, hingga akhirnya lama-kelamaan memasak menjadi sebuah kebutuhan dan kadang (pun) menjadi kewajiban. Walaupun masih lekat dalam ingatan saya, saat proses belajar memasak itu seperti pengalaman pemula pada umumnya, yaitu ada kalanya masakan menjadi keasinan, gosong, atau bahkan saat masakan matang baru sadar kalau ada bumbu ataupun bahan yang lupa belum dimasukkan (doh!) Dari belajar memasak itu, saya mendapatkan beberapa tips yang ingin saya bagi, semoga bermanfaat!!
1.    Jangan bersisir sebelum masuk dapur, bahkan untuk yang berambut panjang, jangan menyentuh/membenarkan ikat rambut saat memasak. Terdengar sepele kan, tapi ini penting lho kalau kita tidak ingin suami kita menemukan rambut atau bahkan ketombe pada masakan kita. Dari sini saya tau kenapa kebanyakan koki atau chef memakai topi koki saat memasak.
2.    Lebih baik belajar dari satu sumber saja untuk satu masakan tertentu. Diutamakan sumber dari orang yang pernah memasak masakan tersebut dan selera lidahnya sama dengan lidah kita.
3.    Pertama kali belajar memasak, buatlah masakan kesukaan anggota keluarga, kesukaan calon suami, ataupun kesukaan camer (calon mertua) hehe *winking
4.    Buatlah masakan tersebut dalam porsi kecil dulu, 3 atau 5 porsi. Maksud saya, kalau sudah terlanjur masak banyak tapi kurang enak kan sayang!
5.    Saat menakar garam, lebih baik kurang daripada lebih. Kalau kurang kan bisa ditambahi, bahkan saat sudah dihidangkan atau saat akan dimakan, tapi kalau kelebihan..fatal deh!
6.    Menurut saya, lebih baik cobalah untuk memasak masakan dulu baru kudapan karena berdasar pengalaman, saat masakan saya sudah bisa dibilang enak, masak kudapan apapun bisa enak juga!
7.    Menu masakan untuk belajar, pilihlah bahan masakan yang sehat, mudah didapatkan, sesuai anggaran belanja, dan mudah dipraktekan untuk hari-hari berikutnya. Sayang juga kan kalau udah sukses belajar masak masakan tertentu trus ke depannya malah jarang dipraktekan
8.    Untuk menu akhir pekan, pilihlah masakan atau kudapan spesial. Kalau suami saya paling suka dibuatin puding atau ayam goreng filet! hehe
9.    Untuk yang tidak suka memakai penyedap rasa ataupun mitchin, gunakan daging asli yang bisa disimpan di dalam lemari beku untuk stok beberapa hari. Daging ayam cukup ¼ kg atau sekitar Rp. 3000 sudah bisa membuat masakan apa saja menjadi lebih sedap, tanpa penyedap rasa. Silahkan buktikan!
10.    Yang terakhir, abadikan setiap masakan yang telah sukses dibuat dan beri catatan sebagai tips jika ingin mempraktekannya lagi. Untuk tips terakhir ini khusus buat ibu-ibu narsis kayak saya! Haha
Seneng banget loh rasanya kalo masakan yang kita masak dibilang enak dengan jujur (tanpa raut wajah yang mencurigakan) sama suami tercinta atau dibilang ma adek kalau masakan kita dah kayak masakannya ibuk. Menurut saya, memasak biar bisa enak itu seperti belajar bahasa, tergantung pada seberapa sering kita mempraktekannya. Selamat mencoba!!!

3 komentar:

  1. makasih sharing tips memasaknya ya bunda! dulu waktu masih dirumah aja aku sukaaa banget masak, nyoba2 resep masakan yang baru, eh skrg udah balik kerja jadi jarang masak. haha...ketauan deh malasnya, hihi

    BalasHapus
  2. huhuhu... terharu sangat tiap kali ada yg mau mampir ke blogku yg 'lusuh' ini, makasih yaaa Intan!! ak malah blm sempet mampir ke blogmu :(

    sama Intan, skrng ak jg jarang bgt punya wktu bwt masak2 klo ga pas hr libur. Paling cmn masak bwt nyiapin sarapan, utk makan siang n malem biasanya jg cmn beli. hehehe

    BalasHapus